RSS Feed

Menentukan Keaslian Batu Permata

0

September 5, 2013 by PermataCantik.com

Saat ini banyak sekali dijumpai batu permata palsu, memang bagi orang awam sulit membedakan batu permata asli dengan batu permata palsu. Batu permata asli mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, hal inilah yang dimanfaatkan oleh penipu dengan menjual batu permata palsu. Agar kita tertipu oleh penjual batu permata palsu, lebih baik jika Anda mengetahui cara membedakan batu permata asli dan palsu berikut ini:

  1. Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami mengandung serat di dalamnya. Karena serat tersebut sebagian orang mengira bahwa batu asli itu pecah, padahal hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat.
  2. Tempelkan batu permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa dijadikan salah satu tanda bahwa batu anda itu asli.
  3. Berat, bandingkanlah batu asli dan tiruan, batu permata asli memiliki berat lebih dari permata palsu.
  4. Bila permata anda itu adalah berlian, untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.
  5. Untuk Mutiara, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tidak ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.
  6. Batu Mulia/akik, anda bisa menyundutnya dengan Rokok (membakarnya dengan korek api sebentar saja), akan terlihat perubahan pada batu anda jika batu tersebut palsu.

Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahli batu permata atau ke laboratorium gemologish demi keselamatan anda.

Apa Itu Batu Permata Natural, Sintetic, Imitasi

  • Batu Natural adalah batu yang berasal dari alam, dan terbagi lagi jadi 2 jenis, Natural Untreatment dan Natural Treatment.
    • Natural Untreatment, berasal langsung dari alam, batu ini langsung diolah/dibentuk/diasah dari bongkahan batu alam.
    • Natural Treatment, batu natural yang dipercantik (mirip dengan operasi plastik bagi wanita). Beberapa Jenis Treatment antara lain: Heat Treatment(Pemanasan), Irradiation(Radiasi), Diffusion(Pewarnaan), Berylilium Heat Treatment(Pemanasan menggunakan kimiawi beryllium), Coating(Pelapisan Permukaan), Glass Filling(Pengisian krack/serat dalam batu dengan kaca/resin), Dyed(Pencelupan minyak).
  • Batu Sintetic, duplikat dari batu natural karena memiliki komposisi, kekerasannya yang sama persis, Perbedaannya adalah lama proses pembuatannya. Batu Natural dibuat oleh alam dengan waktu yang sangat lama sedangkan Batu Sintetic dibuat oleh manusia di laboratorium.

Sangat jarang penjual di pasaran yang mengatakannya sintetic, biasanya menamakannya batu Masakan atau Batu Proses. Jangan tertipu kalo menganggap batu Proses sama dengan Natural Treatment.

Beberapa Jenis Batu Natural dan Sinteticnya:

Blue Sapphire(Natural) x King Sapphire(Sintetic)
Ruby(Natural) x Merah Siam(Sintetic)
Star Ruby/Sapphire(Natural) x American Star(Sintetic)
Emerald/Zamrud(Natural) x Zamrud Chatam/Chatum(sintetic)

* Batu Imitasi adalah tiruan yang terbuat dari kaca atau plastik


Advertistment


HTML hit counter - Quick-counter.net

DMCA.com Protection Status